Disiram Minyak, 16 Kilogram Ganja Dibakar

pemusnahan-s_20151230_224812Kejaksaan Negeri Pontianak melakukan pemusnahan barang bukti hasil sitaan dari tindak kejahatan dan barang illegal sepanjang tahun 2014-2015, Rabu (30/12).
Acara Pemusnahan barang bukti yang di lakukan di dua lokasi yakni halaman depan kantor Kejaksaan Negeri Pontianak dan lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Pontianak utara.

Untuk barang bukti narkoba, berupa sabu-sabu sebanyak 4,3 Kg, Ganja 367 gram dan Ekstasi sebanyak 90,929 butir dimusnahkan dengan cara di bakar dan untuk barang bukti gula illegal sebanyak 1.3336 karung dan Minol sebanyak 13.344 botol serta petasan sebanyak 89 koli maupun 66 ekor daging tringgiling di musnahkan dengan cara di kubur di lokasi TPA, Jalan Kebangkitan Nasional Kecamatan Pontianak Utara.
Nilai barang yang dimusnahkan sekitar Rp 7 hingga Rp 8 miliar. “Semua barang bukti ini jika rupiahkan seluruhnya sekitar Rp7-8 miliar,” ungkap Kajari Bambang Gunawan kepada sejumlah wartawan.

Dikatakannya, pemusnahan ini dilakukan sesuai dengan yang diamanat Undang-Undang, Karena perkara-perkaranya sudah ingkrah atau ada putusan tetap.
Menurut UU, pihaknya berkewajiban untuk memusnahkan barang-barang ini sebagai langkah mengantisipasi penyalahgunaan atau penyimpangan serta agar tidak sampai hilang barang bukti tersebut.
“Makanya kita musnahkan. Pemusnahan ini bersama-sama dengan instansi terkait seperti Kepolisian, Rubasan dari Kementerian Hukum dan HAM,” tandasnya.