Penangkapan DPO Oleh Kejaksaan Negeri Pontianak

Kejaksaan Negeri Pontianak kembali menangkap buronan kasus pidana korupsi dan berhasil mengeksekusi terpidana mantan Ketua DPRD Kota Pontianak, yakni Gusti Hersan Aslirosa.

Terpidana kasus dana bansos sirkuit Kota Pontianak ini ditangkap di sebuah hotel di kawasan Sunter Jakarta Barat, pada Selasa (25/6) sekitar pukul 02:30 WIB. tepatnya di Hotel Sunlike Danau Sunter. Sebelum diterbangkan ke Pontianak, mantan Ketua DPRD Kota Pontianak periode 2004-2009 itu dibawa ke kantor Kejari Jakarta Barat untuk menandatangani administrasi penangkapan dan eksekusi, kemudian dari Jakarta menuju Pontianak langsung dieksekusi ke Lapas klas II A Pontianak. setelah tiba di Bandara Supadio sekitar pukul 15:00 WIB. Terpidana sebelumnya dalam proses hukumnya didakwa melakukan Tindak Pidana Korupsi melanggar pasal 3 UU TPK jo pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHPjo pasal 64 ayat 1 KUHP.

hersan

Bahwa pada beberapa hari sebelumnya yaitu pada hari Selasa tanggal 18 Juni 2019 Tim Eksekusi dari Kejaksaan Negeri Pontianak telah melakukan penangkapan terhadap terpidana DPO atas nama Ir. H. ZULFADHLI, MM. dalam perkara Tindak Pidana Korupsi.
Bahwa adapun kronologis penagkapan terhadap terpidana Ir. H. ZULFADHLI, MM. yaitu pada hari Selasa tanggal 17 Juni 2019 pukul 14.00 Wib, Tim Eksekusi dari Kejaksaan Negeri Pontianak mendatangi kediaman terpidana yang terletak di Raffles Hilis Blok 03 no 16 Tapos Depok Jawa Barat setelah sebelumnya selama kurang lebih 1 minggu dilakukan pengintaian oleh Polda Metro Jaya. Terpidana ditangkap tanpa perlawanan dan dibawa ke Kejaksaan Negeri Jakarta Barat untuk menandatangani administrasi penangkapannya dan diserahkan kepada Jaksa Eksekutor pada Kejaksaan Negeri Pontianak.WhatsApp Image 2019-06-20 at 13.10.13Bahwa pada hari rabu 19 Juni 2019 terpidana atas nama Ir. H. ZULFADHLI, MM. diterbangkan dari bandara Soeta Jakarta pukul 05.50 WIB ke Pontianak menggunakan pesawat Lion Air dan tiba pada pukul 07.15Wib tiba di Bandara Supadio Pontianak, dimana terpidana Ir. H. ZULFADHLI, MM. dikawal oleh Tim eksekusi Tindak Pidana Khusus dan oleh Intelijen Kejaksaan Negeri Pontianak.
Bahwa sekira Pukul 08.00 Wib Tim eksekusi Kejaksaan Negeri Pontianak bersama dengan terpidana tiba ke Lapas Kelas II A dengan terlebih dahulu menyelesaikan proses administrasi untuk segera dilakukan eksekusi.
Bahwa penangkapan terpidana a.n. Ir. H. ZULFADHLI, MM. terkait dengan perkara tindak pidana korupsi.